Kuliah di Luar Negri #part 1

Assalamu'alaikum....
Seiring banyaknya pertanyaan dari teman-teman, disini aku mau share tentang bagaimana cara kuliah di luar negeri dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa kuliah di sini.. berikut pertanyaan yang sering muncul.

1. kak, kakak kuliah di Australia ya? di universitas apa kak?
iya, kakak kuliah di Monash University, Melbourne, Australia. Kakak mengambil S2 jurusan TESOL (Teaching English to speaker of other language) selama 2 tahun.

2. TESOL itu apa kak?
TESOL itu adalah jurusan yang berfokus pada pendidikan Bahasa inggris. Disini, kita belajar bagaimana memberikan pengajaran Bahasa inggris kepada murid-murid non-native speaker atau murid yang Bahasa ibunya bukan Bahasa inggris.

3. Beasiswa apa kak?
Alhamdulillah, kakak mendapatkan beasiswa LPDP (lembaga pengelola dana pendidikan) dibawah tiga kementrian Indonesia, kementrian agama, kementrian keuangan dan kementrian riset, teknologi dan pendidikan tinggi.

4. apa itu beasiswa LPDP kak?
LPDP adalah lembaga yang memberikan beasiswa penuh untuk kuliah S2 dan S3 (master dan doktoral). beasiswa ini memberikan dana kuliah dan juga biaya hidup sehari-hari sampai kita menyelesaikan perkuliahan. kalian bisa kunjungi websitenya di https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/.

5. Bagaimana cara mendaftar beasiswa LPDP?
Pertama, kalian harus sudah lulus kuliah S1 dan memiliki Ijazah S1. Tapi, tidak menutup kemungkinan untuk mempersiapkan sejak awal. Kalau saat ini kalian semester akhir, kalian boleh kok membuat akun di website tersebut dan mencicil berkas-berkas yang dibutuhkan.

6. Bagaimana cara kuliah di luar negeri?
Nah, untuk yang satu ini sebenarnya tergantung Negara tujuan, untuk Australia, ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan.

IELTS minimal 6.5
Tes IELTS (International English language Testing System) adalah tes kemampuan berbahasa Inggris. Ada 4 kemampuan berbahasa yang akan diuji, diantaranya speaking, writing, reading dan Listening. Untuk mengikuti tes ini, kita bisa mendaftar ke beberapa lembaga seperti British Council, IDP Education Australia. Biasanya mereka mengadakan tes tersebut setiap bulan, kita bisa mengikuti tes tersebut lebih dari sekali, tidak ada batas maksimal. Selama hasil tes kita mencukupi, kita sudah bisa menggunakan hasil tes tersebut (yang dalam bentuk sertifikat) untuk mendaftar ke universitas tujuan dan juga untuk mendaftar beasiswa.

Personal Statement
personal statement  adalah essay mengenai diri kita, mengapa kita ingin kuliah di universitas tujuan, jurusan apa yang ingin kita tekuni dan alasan mengapa mereka harus menerima kita sebagai mahasiswa. Ada banyak contoh yang ada di internet, mungkin di lain waktu aku bisa share di lain artikel.


Translate Ijazah
Nah, kalau kemarin.. aku mentranslate ijazah S1 dan juga transkip nilai. Kalian harus mentranslate di lembaga resmi, seperti pusat Bahasa di USU (universitas sumatera utara) ataupun di UMSU (universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Biasanya biaya satu  lembar ijazah sekitar 75.000-100.000.

Referee dari Dosen
Referee adalah rekomendasi dari Dosen tempat kita kuliah. Ini penting, untuk membantu kita meyakinkan pihak universitas bahwa kita adalah kandidat yang tepat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tingi. Dalam surat tersebut, dosen memberikan review pendapatnya mengenai kemampuan kita. Kita bisa meminta dosen pembimbing, ketua prodi, ataupun dosen yang mengenal dekat kita.

SKCK
Surat keterangan berbuat baik dari kepolisian. Kalian bisa meminta surat keterangan baik dari kepolisian. Seharusnya sih gratis, tapi biasanya ada biaya administrasi sebanyak 25.000. Kalau aku dulu, meminta ke Polres Belawan dengan membawa surat pengantar dari lurah. Jadi, pergi ke kantor lurah dan meminta surat pengantar untuk meminta SKCK ke kepolisian, lalu membawa persyaratan SKCK ke kantor. Disana, kita akan diminta untuk memberikan sidik jadi, tidak butuh waktu lama untuk menunggu, SKCK akan diprint dan bisa langsung di ambil.

Paspor
Yes, Indeed. kita pastinya perlu memberikan scan paspor yang kita miliki. Kita bisa mengurus paspor di kantor imigrasi belawan. kalian bisa cari kantor imigrasi terdekat, bisa di medan atau di binjai. Tidak perlu jauh ke belawan ya...

Next, Say bismillah dan langsung apply ke universitas. Ada dua cara, pertama, kalian bisa meminta agen untuk mendaftarkan kalian ke universitas yang ada di Australia. cara kedua, kalian bisa langsung mengupload berkas dan apply secara online. Disini, system online sangat-sangat efektif. Jadi, kalau kalian punya pertanyaan ataupun keluhan, langsung saja email pihak universitas. (alamat email bisa didapatkan di website resmi kampus)

Semoga tulisan ini bermanfaat, kalau ada pertanyaan lain, silahkan comment di bawah. Insya Allah akan aku jawab di QnA part dua. Tetap semangat dan semoga kalian juga bisa mewujudkan impian kalian untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Amin...

See ya!


Comments

Popular Posts