Tips Bangun Subuh Part 4 : Niat

Assalamu'alaikum pejuang subuh,
Seperti akan ujian, kita perlu persiapan yang matang. Dalam hal apapun, kita harus mempersiapkan diri kita agar mampu menghadapi saat-saat yang penting. Nah, kalau subuh adalah saat yang penting dalam hidup kita, untuk sholat subuh juga mendapatkan keberkahan dari Allah dengan bangun pagi. Maka, kita pun harus mempersiapkan diri.

Kemarin, aku cerita dengan temanku yang memiliki kegiatan yang banyak, tapi bisa ke kampus jam 8 pagi (untuk belajar di perpustakaan), belajar, memasak dan juga melakukan kegiatan lainnya. Darinya, aku melihat diriku sendiri. Setelah kutanya, dia sholat subuh tepat waktu. lalu, aku mendapatkan motivasi untuk meningkatkan kualitas diriku juga.

Jadi, setelah pulang kerumah. Aku coba mandi air hangat, lalu tidak bermain HP. aku menggantinya dengan membaca buku, makan sebelum jam 8 malam, juga menunggu waktu sholat dengan membaca novel saja. Kebetulan, waktu sholat isya di sini pukul 10.30 pm. jadi, aku bisa tidur sekitar jam 11. Sebelum tidur, aku juga mengamalkan beberapa Sunnah dari Rasulullah yang juga sudah kutulis di artikel sebelumnya berjudul "bangun pagi dengan Sunnah Rasulullah".

Alhamdulillah, aku terbangun saat mendengar alarm. Eits, ternyata bukan bangun subuh yang susah. Tapi, bangun dari tempat tidur, untuk mengambil wudhu yang juga menjadi tantangan. Tapi, karena motivasi dan niat yang kuat akhirnya hari ini aku bisa bangun dan memulai aktivitas di pagi hari.

Memang sih, seringkali aku menunda. Tapi, dengan berteman dengan orang-orang yang sudah melewati tantangan tersebut dengan mudah, kita jadi belajar dari mereka, termotivasi, dan terinspirasi dari kekuatan niat mereka untuk bangun subuh.

Itupun, pagi ini aku jadi mengantuk. haha...
Namun, aku tahu... karena aku belum terbiasa untuk bangun dan memulai aktivitas di subuh hari. Jadinya, aku harus bisa menyesuaikan diri dahulu. Besok akan menjadi tantangan lagi, tapi dalam proses penyesuaian ini, jika aku bisa melewatinya dengan baik, maka akan menjadi semakin mudah semakin hari. Bukankah Allah telah berjanji bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Juga, ini diulang dua kali dalam surat Al-Insyirah. Percayalah, bahwa Allah tidak akan menyalahi janji. Yakinlah, dibalik kesulitan ada kemudahan yang begitu dekatnya,


Comments

Popular Posts