Powered by Blogger.

Thursday, 28 April 2016

Mendapatkan Beasiswa LPDP, Kuliah di Australia

Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah...
wallahhu ghalibun ala 'amrihi walaa kinna aksarannasi la ya'lamun.
(dan Allahlah yang mengatur urusannya namun kebanyakan manusia tidak mengetahui)

salah satu ayat yang membuat hati senang dikala sedih, galau, takut ataupun bahagia, salah satu surat Yusuf ini mengingatkanku pada segala hal yang telah terjadi, dimana suatu urusan bisa kuselesaikan dalam waktu singkat dengan keberuntungan-keberuntungan yang kudapatkan, ataupun hal-hal yang mudah namun tertunda bahkan ada yang tak bisa kulakukan sama sekali. segalanya adalah nikmat dari Allah untuk memberikan yang terbaik untuk kita.

sebelumnya, tak pernah terfikirkan olehku akan tinggal di Australia, bagaimana nanti disana? baiklah, jalani saja dan persiapkan yang terbaik, insyaAllah dimudahkan segala urusan. ok, lanjut ke beasiswa LPDP.

Beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini sebenarnya sedang naik daun, dulunya saat kuliah aku tak tahu menahu tentang beasiswa ini. untungnya, kakak merekomendasikan beasiswa ini. Akupun langsung menyiapkan data dan membuat akun di lpdp.kemenkeu.go.id . Proses dari awal hingga akhir tidak membutuhkan biaya apapun. Beasiswa ini dibuka 4 kali setiap tahun, Deadlinenya sekitar bulan Januari, April, Agustus dan Desember. Tahap pertama adalah seleksi Administrasi, dan jika lulus akan ada Tahap Wawancara, sebagai seleksi terakhir

Tips untuk lulus seleksi Administrasi adalah memiliki persyaratan yang sesuai dengan yang diminta, dan yang paling penting adalah Essay. ada beberapa essay yang harus ditulis seperti Sukses terbesar dalam hidupku, Kontribusiku untuk Indonesia dan Rencana Studi. untuk essay, aku menyelesaikannya sekitar satu bulan lebih. seperti menulis artikel, pertama aku menuliskan seluruh hal yang bisa mendukungku untuk lolos dan meyakinkan mereka bahwa aku memiliki motivasi yang kuat untuk melanjutkan kuliah. nah, satu persatu ditulis, diedit, dihapus beberapa bagian, ditulis lagi, diedit lagi.. didiamkan beberapa hari, diedit lagi hingga aku merasa benar-benar puas dengan tulisanku. tulisan harus mempresentasikan diri kita sehingga akan memudahkan untuk berhasil di tahap wawancara.

setelah Lolos Seleksi Administrasi, maka akan diberitahukan pengumuman jadwal seleksi wawancara dan lokasi, untuk medan, saat itu diadakan di Gedung Keuangan Negara, dan biasanya berlangsung selama 2 hari, jadwalnya berbeda-beda, ada yang selesai dalam satu hari, ada pula yang dua hari. waktu itu, aku harus verifikasi data dihari pertama, just it. aku pun selesai pukul 10.30 dan bingung mau ngapain, setelah bercerita dengan beberapa teman akupun pulang.

keesokan harinya aku kembali lagi kesana, well, inilah tahap mendebarkan sekaligus membuatku deg-degan. tapi, alhamdulillah.. aku sangat menikmati setiap prosesnya, tak lupa berdoa dalam hati dan membaca ayat-ayat pendek yang mudah dihafal. :D

saat datang, kami mengisi absensi, lalu pengumuman untuk masing-masing peserta yang melakukan LGD, wawancara ataupun essay on the spot untuk datang ke masing-masing tempat yang telah disediakan. kami dikelompokkan beberapa orang, dan sebagian yang masih antrian harus menanti diruang tunggu. aku sendiri, bersama 7 orang lainnya pindah ke ruangan lain untuk selesi essay on the spot. setiap orang akan mendapatkan satu meja, ada dua deretan meja yang masing-masing sudah ada selembar kertas kosong. kami pun dipanggil satu persatu dan memperkenalkan diri. setelah itu, kami diberikan waktu sekitar 30 menit untuk menulis essay on the spot. setiap orang akan mendapatkan dua tema yang berbeda dan dibebaskan untuk memilih salah satu dari tema yang diberikan. saat itu, aku mendapatkan tema tentang agama, intinya apakah statement atau tindakan dari seorang pemimpin agama akan berpengaruh terhadap hubungan dengan masyarakat yang beragama lain. jika setuju mengapa dan jika tidak mengapa.

Nah, Alhamdulillah,.. aku sudah cukup terlatih untuk menulis. empat tahun di bangku kuliah aku mengikuti organisasi pers kampus. jadi, untuk tips menulis kali ini sepertinya kita harus membiasakan diri menulis setiap hari, mengedit dan kalau bisa mencoba mengirimkannya ke media. jika tulisan kita bagus, biasanya akan diterbitkan. Ini juga bermanfaat untuk menilai tulisan kita sudah baik atau tidak. tapi, ini belum tentu juga yang tidak diterbitkan tidak bagus, setiap tulisan memiliki jiwa dan keunikannya sendiri. nah, selain menulis setiap hari kita juga harus menulis dengan hati, atau ya.. memberikan solusi untuk masalah yang telah kita paparkan. biasanya, paragraf pertama adalah introduction untuk masalah yang akan kita paparkan, paragraf kedua dan ketiga tentang mengapa itu terjadi, atau alasan hal tersebut terjadi dan pendukung-pendukung lainnya yang bisa membantu pembaca untuk memahami pemikiran kita. dan yang terakhir tentu saja rangkuman dan juga solusi yang akan diberikan. sehingga, tulisan kita tersebut bisa bermanfaat bagi pembaca.

nah, selanjutnya adalah LGD dan juga Wawancara.
untuk kali ini akan dilanjutkan di Part 2

Terimakasih sudah membaca, semoga sukses mendapatkan Beasiswa LPDP
Keep Positive Everyone!

No comments:

Post a Comment

Blogroll

 

Google+ Followers

Blogger news

About