Powered by Blogger.

Thursday, 28 January 2016

Second Family, Pengalaman di Beastudi Indonesia Preparatory School


This is the best thing ever, Joined Beastudi Indonesia Preparatory School Batch 3. Pertama kali mendapatkan info adalah dari sosial media, no drama but two days before deadline, cap pos pula. Sebenarnya, sudah tahu sejak lama, namun belum paham betul bahwa beasiswa ini is the thing that I need that time, memberikan penguatan kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, master ataupun doktoral. Beasiswa ini memberikan banyak fasilitas yang sangat bermanfaat bagi pelamar, salah satunya adalah persiapan IELTS dan pelatihan kepemimpinan. peserta akan mengikuti kegiatan selama kurang lebih satu bulan, lengkap dengan persiapan IELTS, simulasi IELTS setiap minggu dan juga tes IELTS diakhir program.
Setelah mengirimkan berkas melalui pos, hasilnya akan diumumkan melalui website. Dan terpampang nyatalah namaku lengkap dengan universitas asal dan tujuan. Ada satu tahap seleksi wawancara lagi yang harus dilewati, diadakan di jakarta. Untungnya, bagi peserta yang berasal dari daerah lain dapat memilih opsi wawancara melalui skype. Aku pun memilih opsi wawancara melalui skype. Kusiapkan skype yang ada dilaptop dan juga handphone, aku memilih baju yang cukup sopan dan formal. Ibuku saja bingung, kenapa wawancara dikamar saja sampai makeup dan rapi dari atas sampai bawah. Aku membaca banyak artikel tentang orang-orang yang melakukan wawancara via online. Siapkan mental, berpakaian rapi seperti wawancara biasa dan jangan lupa menatap kamera, sangat gugup karena ini adalah kali pertama. Tapi, aku sangat menikmati, this is a challenge for me, kutunggu satu dua jam, jadwal tesku sudah sebentar lagi kenapa tidak ada tanda-tanda diskype? Dan ternyata, mereka memajukan jamnya dan jadilah aku terlambat. Aku sangat terkejut saat mereka memberikan informasi lewat email, bagaimana bisa? Mereka sudah menghubungi lewat telephone tetapi aku tak menjawab. Oke, handphoneku bermasalah lagi, dan selalu begitu disaat dibutuhkan. Entah kenapa, handphoneku selalu seperti itu, saat aku menunggu hasil wawancara ia selalu mengujiku. Beruntung, aku  wawancara dihari pertama, dan aku pun diberi kesempatan untuk melakukan wawancara keesokan harinya.

Dihari pengumuman jadilah aku mendapatkan berita bahagia itu. Ya, aku lulus. Really happy coz that’s all that I want, tiket pesawat PP ke jakarta, persiapan IELTS, dan Tes IELTS yang cukup mahal itu, haha.... Tiket pesawat itu untungnya bisa dipercepat sehingga aku bisa mengikuti Pelatihan Kepemimpinan yang wajib kuikuti dijakarta. Mungkin, memang sudah Allah rencanakan, waktunya pun pas, seminggu setelah aku mengikuti kegiatan itu aku langsung mengikuti kegiatan BIPS ini. Biaya hidup selama disana pun ditanggung, wah.. sangat-sangat blessing. I am so lucky to the death.
Setelah konfirmasi dengan pihak bips, mereka sangat membantu, akhirnya aku bisa membeli tiket jauh hari sebelum pelatihan, disana, setelah mengikuti pelatihan selama seminggu, yang sangat menguras energi, aku pun berangkat dari depok menuju bogor. Disana, minggu pagi hari kami sudah berangkat ke kebun raya bogor, well that is my first time, I really want to go around. But they gave us outbound yang sangat menyenangkan. Jadilah refreshing setelah satu minggu yang lelah, aku senang pergi ketaman. Rasanya, seperti dirumah. I know I am far from home, but I think I have such a connection with trees, always feel home. Maybe because I have one in my backyard. Yang setiap kubuka jendela kamar, aku selalu disuguhi dengan pemandangan indah, beberapa pohon dengan cahaya pagi yang selalu memberikan semangat pagi. Well, sayang, some of the trees is just cut. hiks..

kegiatan disana adalah olaharaga dan permainan yang benar-benar menyenangkan. Dan yang paling lucu adalah permainan terakhir, tebak kata... just feel amazing with them, so fun. Selama tiga minggu, kami pun belajar from day to night. Ada sekitar lima tutor yang ada disini, kami diajari oleh mike, rafiq, simon, miss zizi dan miss rani. (I hope this right) Mereka sangat membantu selama proses belajar, sangat senang bisa bertemu dengan orang-orang yang inspiratif. Rafiq, sosok yang mengajarkanku tentang arti menjadi seorang pendidik. Hampir semua tutor datang tepat waktu, bahkan mike datang satu jam sebelum pelajaran. Juga simon yang sangat baik dan selalu memberikan enforcement. Miss zizi, sosok yang sangat menyenangkan dan cerdas, ia tahu bagaimana memperbaiki kelemahan kami. We always get the point study with them. dan miss rani yang memberikan games games menarik,. namun terkadang ketakutan karena pesertanya sangat kompetitif, even sometimes hide behind, Well, I really enjoy the moment.

Teman-teman yang sangat inspiratif dan memiliki kekuatannya masing-masing. Aku sangat senang bisa bergabung dengan mereka di program ini. we always grateful and thankful. well, all of them are inspiration for me. Mba Rahma, we call her dictionary because she always brings dictionary in her head, a traveller, smart and perseverance.  Ana, a writer, with a lot of achievements, Hepi, a smart talented young girl, lovely bestfriend ever, mba Ayu my sister's friend she is really great, full of ideas, life healthy, love salad, always teach us to choose good food or clean up our hands properly mba Fiah, she is soo sensitive (even cry when write the letter to us) hmm.. we called her mama coz she can take in charge when we want to eat, mba Hani, a lovely sister, smart and so independent, a brave women and it's always nice sharing with her. the boys, so funny, friendly and have their own personality which is so inspiring. I amazed with mas Yoga who can cook with anything in the kitchen, so delicious he has his own master piece recipe, mas Dahlan, always have slogan like "hmm,, I think it's nice" and we always use that word, the husband material one, and Rendy, kind man from spirit of java, so inspiring to hear his story struggling for dreams, listening to their story opened my mind that it's a beautiful thing to catch our dreams, have a really good intention and make an action to make it real. everyone suffering but it always worth. J, a good man from pati, always sing me me me and mas Greget, papa who always care of us, buy a lot of nice foods, lovely..! a writer, smart and analyze everything.

Aku belum pernah mengikuti tes IELTS, dan aku mendapatkan 6.5 di percobaan pertamaku. Aku harus berjuang lagi untuk belajar listening karena nilainya masih kurang untuk  bisa mendaftar TESOL. Sekarang, aku sedang menunggu hasil loA conditional dan struggling to study abroad. In all of this process, I would like to say thanks a million to Allah for this chance, life and moment. I always believe that Allah is with me, guide me, help me and complete me.

I hope everyone get their beautiful and peaceful life, achieve all of the dreams, wish Allah lead us to the right path and bring us to success in this world and akhirah. Amin ya rabbil alamin.

some pictures, from mba rahma too ^^ here we go







No comments:

Post a Comment

Blogroll

 

Google+ Followers

Blogger news

About