Powered by Blogger.

Tuesday, 1 September 2015

Bangun Pagi,.. Menunda dan Zona Nyaman

tak bisa kupungkiri, pagi menjadi salah satu hal yang paling nyaman untuk tidur. menunda satu, dua hingga tiga jam menjadi sesuatu yang begitu biasa. walau ku tahu seharusnya aku lebih baik dari ini. namun, kusadari bahwa aku sendiri tak baik dalam mempersiapkan pagiku.

segala hal yang kita lakukan dengan spontanitas memang terkadang baik, tapi hal-hal yang dipersiapkan dengan matang akan selalu baik hasilnya walau sesekali memang ada juga yang tidak berhasil.

begitu juga dengan bangun pagi, seharusnya aku tak melakukannya dengan spontanitas tanpa persiapan. sebaliknya, menyiapkan hal-hal kecil di malam hari seperti menuliskan jadwal harian dan juga membersihkan kamar atau mempersiapkan baju yang akan dipakai. aku juga tak sholat isya dan itu membuatku malas di pagi harinya. bagaimana aku bisa shalat subuh tepat waktu jika shalat isya saja tak bisa tepat waktu?

ada yang mengatakan bahwa jika ingin sholat subuh, maka sholatlah diwaktu dzuhur, ashar, maghrib dan isya tepat waktu. aku pernah mencobanya dan itu berhasil. aku akhirnya bisa bangun subuh dan berolahraga dipagi hari. namun, itu tak terjadi begitu saja. butuh konsistensi dari diriku agar bisa terus melaksanakannya. dan hari ini, aku akan mencobanya lagi.

ingin sekali rasanya mendeskripsikan pagiku yang penuh dengan menunda. pukul empat pagi aku terbangun dan rasanya ini adalah waktu yang tepat untuk tidur lagi, seharusnya aku segera bangun dan sholat 2 rakaat. juga saat aku tertidur lagi sudah pukul lima, rasanya bantal semakin nyaman saja dan aku tertidur kembali, Tidak! seharusnya aku bangun dan sholat subuh. saat pagi pun, aku merasa ingin bermalas-malasan sehingga akhirnya aku jadi terlambat untuk bekerja dan tak sempat untuk membeli makanan. begitu beratnya hari itu yang seharusnya aku bisa menggunakan waktu me time ku dengan baik dan nyaman.

hal lain yang aku fikirkan adalah mengenai bagiamana zona nyaman membuat kita menunda lebih lama. satu hal yang bisa aku katakan adalah lakukan langkah kecil untuk menarikmu dari zona nyaman. lakukan hal yang juga membuatmu nyaman seperti menggosok gigi saja. tanpa melakukan rutinitas yang berat. lalu, mulailah untuk berwudhu karena saat dikamar mandi, akan lebih mudah untuk melakukannya. lakukan shalat2 rakaat, subuh dan lakukanlah lagi hal sederhana seperti menyapu atau minum segelas air. gunakan waktu me time agar perasaan menjadi senang dan pengalaman bangun pagi menyenangkan. kita akan menyukai hal itu dan akan ingin melakukannya lagi. jadi, mulailah dari hal kecil dan bangunlah pagi!

well,, keep positive everyone!

No comments:

Post a Comment

Blogroll

 

Google+ Followers

Blogger news

About