Powered by Blogger.

Saturday, 8 August 2015

Lulus Administrasi LPDP, Next adventure is Coming!

Alhamdulillah, adalah hal yang paling indah ketika mendapat kabar kelulusan administrasi LPDP melalui sms dan email. sejenak, tak percaya, sejenak takut dan lagi berharap cemas bagaimanakah gerangan wawancaranya nanti?

tentu, menjadi satu langkah awal bagi saja untuk mendapatkan beasiswa dan melanjutkan pendidikan. sudah lama tangan ini tak sibuk membolak-balik buku berbahasa inggris. ingin sekali rasanya, namun terkadang aku lebih memilih buku lain untuk membangkitkan motivasi, apalagi kalau bukan mewujudkan impian.

akhirnya, satu pertanda itupun datang. aku memiliki kesempatan emas untuk mebangkitkan diriku lagi dan masuk lagi ke universitas. siapa yang tak bahagia?

baiklah, kali ini aku akan membagikan pengalaman bagaimana caranya agar lulus administrasi LPDP. insyallah, tulisan selanjutnya adalah bagaimana caranya agar lulus wawancara LPDP, Amin..

salah satu yang harus diperhatikan adalah mempersiapkan essay. setelah membaca kembali essayku, aku menyadari bahwa semua tulisan itu adalah aku. ya, bagaimana bisa aku segamblang ini membagikan impianku dan menuliskan semuanya. bahkan sampai sekarang, aku sangat bangga dengan tulisan itu.

tulisan essay kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan adalah hal yang berkaitan tentang diri kita, semua impian kita, dan dot-dot mana yang bisa kita hubungkan. ingatlah bahwa apa yang terjadi dalam kehidupan kita bukanlah sebuah kebetulan belaka. ada sebuah rencana besar yang perlahan namun pasti selalu menghampiri diri kita. dengan alasan itulah, aku menemukan sebuah cerita dan rencana besar untuk masa depanku.

bagaimana cara menemukan dot-dot itu? ya, kurasa .. sebelumnya kakakku yang juga lulusan dari psikologi mengajarkanku dan membantuku sehingga tiba-tiba saja aku dapat membacanya dan wah.. Allah memang maha baik telah memberikanku kesempatan besar disetiap kehidupanku.

dan pertanyaan yang tepat akan memberikan kita jawaban, seperti hal apa yang selalu dekat denganmu? buku apa yang sering kau baca? lihatlah koleksi bukumu dan topik apa yang paling banyak? hey, ingat.. kau kan pernah melakukan ini... melakukan itu.,.. apa hal yang kau senangi? dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya.

kaitan-kaitan itu seperti dot-dot kecil yang menggambungkan sebuah gambar besar. karena itulah, tulisanku selesai. sekitar 600 an kata.

tulisan essay kedua adalah tentang rencana studi. ada banyak contoh di internet yang dibagikan dan kau bisa membaca bagaimana mereka lolos dengan model tulisan seperti itu. yang lugas dan jelas. 
kau harus membaca untuk dapat menguasainya.

jangan baca satu contoh, bacalah banyak dan lihatlah dirimu. kemudian tuliskan, maka kau akan menemukan jenis dan model tulisanmu sendiri.

satu hal yang mungkin bisa kuajarkan dalam menulis. pertama kali, tulislah saja, diamkan sehari dan mulailah membaca tulisan orang lain, lalu perbaikilah tulisanmu setiap hari. tak harus baik dalam satu hari, usahakan selesai secepat mungkin. lalu perbaiki lagi.

dalam menulis, yang paling terpenting adalah dengan mengedit kembali tulisan. jangan pernah malas untuk melakukannya karena saat essaimu telah selesai maka satu polesan lagi adalah satu langkah akhir yang harus kau lakukan untuk mendapatkan essay yang bagus.

terkadang, menemukan diri kita adalah yang paling sulit daripada belajar toefl, mengurus skck, dan lain-lain. sembari mengurus hal-hal seperti itu, ada baiknya kita juga menyelesaikan essay juga. saat itu, aku juga menuliskan essay sekitar satu bulan lebih. mungkin, penyelesaiannya hanya satu minggu, namun seperti yang kukatakan, aku mendiamkannya sejenak seperti ubi yang diberi ragi agar ia lebih enak saat dimakan ( I love tape.. hihihi) tapi jangan kelamaan, karena rasanya bisa saja berubah hhihi.. 

well, itulah yang kupelajari saat menjadi pers mahasiswa di kampusku. dan hal lain untuk dilengkapi tentu saja kumpulkan semua masa lalu yang produktif itu seperti sertifikat seminar, pelatihan, dan lain-lain yang dapat membantu kita untuk menjadi unggul dari yang lain. walaupun kita kira itu hanya "apalah" tapi percayalah, tak ada yang sia-sia di dunia ini. bahkan tahi lalat saja dapat membuat seseorang diingat oleh banyak orang. menjadi artis yang mudah dikenali.

selanjutnya, setelah berjuang dengan keras maka serahkanlah kepada Tuhan semesta alam, kepada Allah. dan percayalah bahwa setiap yang terjadi dalam kehidupan kita adalah sebuah rencana, jadi, berbahagialah. cobalah hal lain dan tumbuhkan lagi harapan baru. jika kita membuat banyak jaring, setidaknya pasti ada satu ikan yang tertangkap. jadi, jangan pernah menyerah ya.

well.., semoga bermanfaat Teman, Keep Positive everyone!

No comments:

Post a Comment

Blogroll

 

Google+ Followers

Blogger news

About