Powered by Blogger.

Monday, 25 May 2015

Belajarlah Untuk Bersabar

dari setiap sisi kehidupan, kita belajar untuk bertindak cepat dan bersabar. keduanya tentu sangat berbeda, namun kita butuh memilih salah satu diwaktu yang tepat. terkadang, kita tak tahu, apakah kita harus bertindak cepat atau bersabar dahulu. tapi, setidaknya kita tahu satu hal bahwa kita harus selalu bertindak cepat pada kebaikan. untuk mengubah diri menjadi lebih baik, memperbaiki diri ataupun melakukan kebaikan lain. dan bersabar setelah kita berusaha dengan baik. saat sesuatu tak berjalan sesuai dengan rencana, ada baiknya kita bersabar, berhenti sejenak untuk melihat kesalahan apa yang telah berulang kali kita lakukan. setelah tahu, bertindak cepatlah untuk memperbaikinya.

ada banyak pertanyaan di dunia ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadi ini dan itu. tapi satu hal yang pasti bahwa kita memiliki semua yang kita butuhkan untuk menjadi apapun. kadangkala, kita berharap pada sesuatu, padahal sebenarnya kita bisa melakukannya sendiri. mandiri, jadilah mandiri dan percayalah bahwa kita bisa.

aku ingat suatu hari ketika aku ingin berita tentang sebuah cerita inspiratif tersebar, aku memiliki informasinya dan aku percaya seseorang bisa membantuku untuk menyebarkan dan menuliskannya di berita. namun, setelah lelah meminta tolong ia sangat sibuk dan tak bisa membantuku. akhirnya berita itu tak tersebar. namun, berita yang sama namun dengan informasi yang berbeda telah ditulis oleh seseorang yang ada diluar sana.

setahun setelah itu, tulisan-tulisanku mulai dimuat dikoran lokal. aku sangat senang dan aku baru menyadari ternyata aku bisa melakukan, menuliskannya jika aku memiliki niat. hanya butuh waktu bagiku untuk belajar dan terus mengasah diriku sendiri.

dari cerita itu, aku tahu, berharap pada sesuatu yang lain membuatku tak mandiri dan menjadi lemah. padahal, aku bisa berusaha dengan kemampuanku dan menghasilkan hasil seperti yang kuharapkan. namun, jalan itu memang berliku dan panjang. tapi, setelah aku sampai dan mencapainya. ada kepuasan dalam diriku dan kepercayaan diri untuk terus melangkah maju. aku tak takut jika orang lain tak bisa membantuku lagi untuk menuliskannya. karena sekarang aku bisa. bahkan, orang lain memintaku untuk menuliskan informasi yang mereka miliki.

didunia ini, kita memiliki jalan panjang. tak penting seberapa kali kita jatuh, karena kehidupan selalu akan menguji dan menguji. bukan untuk melemahkan, tetapi membuat kita semakin kuat dan belajar untuk menjadi dewasa, mandiri. dan menjadi orang yang bermanfaat, seperti yang Allah inginkan pada masa depan kita. seperti yang telah ditakdirkannya untuk kita.

aku selalu berfikiran positif pada setiap langkah yang kumiliki. sebuah kehilangan, kebodohan kuanggap sebagai pelajaran untuk melakukan lebih baik lagi dilain waktu. kesempatan yang dekat untuk mengulangi kesalahan itu membuatku percaya diri bahwa aku bisa. dan aku akan menjadi yang terbaik dengan mengubah seluruh kebiasaan buruk dan kebodohan yang kumiliki dengan belajar dan melakukan hal yang berbeda dilain waktu. tidak nanti, tapi dalam waktu dekat ini.

dua hal lagi yang harus kupelajari adalah tentang tegas dan percaya diri. kuharap, akan ada tulisan tentang ini nantinya. bagaimana aku mendapatkannya, bagaimana aku belajar untuk menjadi orang yang tegas dan percaya diri.

terkadang, aku merasa tidak percaya diri karena memang fikiranku yang sedikit sempit tentang dunia ini. tapi tak mengapa, aku bisa belajar dan membuat diriku lebih luas lagi. aku ingin menjadi orang yang percaya diri dengan pilihan yang kumiliki. dan saat ini, setiap apa yang telah kuputuskan, kupilih akan menjadi jalan untukku melangkah, bukan langkah untuk penyesalan. tetapi untuk menjadi mandiri dan lebih baik lagi.

keep positive everyone!

No comments:

Post a Comment

Blogroll

 

Google+ Followers

Blogger news

About