Powered by Blogger.

Sunday, 18 May 2014

Perjalanan Terindahku

disini, aku masih disini, dengan segudang hal yang harus kulakukan. aku ingin pergi sebentar, tapi ada banyak tugas yang harus kuselesaikan. tak mengapa, nanti, akan ada waktunya untukku mengitari dunia ini, tanpa memikirkan tugas apapun yang mengganggu, tanpa memikirkan berapa sisa tabungan yang aku miliki. aku akan menjelajahinya, menikmatinya dan mencoba segala hal, makanan, tantangan dan apapun itu.

dan dsini, aku masih disini. memikirkan apa yang harus kulakukan setelah aku wisuda nanti. waktu akan terus berjalan dan meninggalkan sejuta kesempatan. kesempatan untuk menjadi orang yang aku impikan. aku ingin menjadi apa, aku bahkan belum tahu. aku butuh konsultasi. namun, tampaknya aku telah melakukannya disetiap waktu luangku. dan aku bertanya lagi, aku ingin menjadi apa.

aku pun yakin, tak ada keahlian yang bisa disepelekan. aku pun yakin, jika ada keinginan pasti ada jalan. dan setiap kesulitan ada kemudahan. tertulis dalam Al-qur'an bahwa disetiap kesulitan ada kemudahan.

aku tak tahu. seberapa banyak kesulitan yang telah mendatangiku, seberapa banyak kesulitan yang telah aku lewati. namun, saat ini aku pun masih mencari-cari bahwa betapa sulitnya mencari apa yang aku inginkan. disaat yang sama pun aku tahu, pasti akan ada kemudahan untukku menemukannya.

aku mencarinya, berjalan, menyisirinya, menelaah dan memikirkan banyak hal tentang diriku. apa yang ingin aku lakukan, apa yang aku suka, hal apa yang aku sangat inginkan.

bahkan aku sempat berfikir bahwa apa yang kita sukai, suatu saat bisa saja dibenci. namun, apapun itu, melakukan apa yang kita suka akan menciptakan perasaan bahagia, dan waktu akan menentukan hasil akhir apakah masih tetap mencintai atau malah sebaliknya. yang paling penting adalah jangan terlalu berlebihan pada suatu hal.

masih dalam topik mencari jati diri. aku masih mencari-cari. bagian mana yang paling aku suka, bukan tentang mudah dan sulit. tapi apa yang membuatku begitu hidup dan tak bosan melakukannya. menulis? mengajar?

ah.. bahkan aku berulang kali memutuskan untuk tidak mengajar. bukan karena apa-apa karena aku sendiri pun tak tahu.. aku hanya ingin menghabiskan waktuku untuk belajar dan belajar.

bahkan kehidupan ini adalah sekolah untukku, siapapun adalah guru bagiku, dan buku apapun itu aku yakin itu adalah ilmu. tinggal fikiranku yang harus menyaring segala hal yang masuk dalam fikiranku.

dan kesalahan, mungkin berulang kali aku melakukannya, dan berulang kali pula aku belajar darinya. melihat apa lagi yang kurang dari diriku, dan semua itu membuatku memperbaiki diri lebih baik lagi.

masih kembali disaat aku memikirkan akan menjadi apa aku setelah wisuda. jujur saja, menjadi karyawan adalah hal yang sangat ingin aku jauhi. aku tak ingin menghabiskan waktu untuk duduk seharian dan melakukan perintah ini itu, aku ingin beraksi, berkreasi dan mengembangkan ideku.

dan lagi, aku yakin akan ada rencana Allah yang paling baik bagiku. untukku, dalam pencarian ini, cukup Allah bagiku dan Allah lah sebaik-baik penolong. aku yakin, akan ada pertolongan untukku agar aku bisa berjalan diatas muka bumi ini dengan bijak dan sampai ditujuan seorang muslim. mendapatkan kebahagiaan di dunia dan diakhirat.

kuharap, kehidupan ini akan memberikanku banyak keindahan, kedamaian, kebahagiaan, waktu yang lapang, dan pengalaman yang terindah, disetiap perjalananku, Amin ya rabb..

No comments:

Post a Comment

Blogroll

 

Google+ Followers

Blogger news

About