Powered by Blogger.

Monday, 6 January 2014

Menulislah

dalam satu hari. ada banyak kejadian yang terjadi. bahkan permenit. semua cerita, emosi, perasaan, dan apapun itu bisa diceritakan lewat kata-kata. ya, hanya dengan kata-kata kita bisa berbicara, dan dengan itu pula kita bisa membagikannya dengan banyak orang.

jika hari ini, aku hanya bisa membuat satu tulisan. biarlah. tak apa. walaupun itu bukan tulisan ilmiah, artikel, penelitian atau apapun itu. aku hanya ingin bercerita. bukan untuk berbagi pengalaman. namun untuk belajar. karena, hanya dengan kata-kata aku bisa berfikir dan melihat dengan jelas apa yang tengah terjadi.

sejujurnya, musuh yang paling berat yang pernah ada adalah diriku sendiri. ketika aku tak menjadi diriku sendiri aku sangat membencinya. bahkan aku tak bisa berbuat apa apa. tak ada yang bisa kulakukan selain .. ya.. mengikuti kemalasan itu. seperti jika diberikan uang yang banyak. siapa yang tak bisa menolak? hhehe...

tapi ya itu.. belajar itu penting. jika uang itu berasal dari tempat yang tidak baik, dan juga tidak sesuai dengan kaidah agama ya jangan diterima. jika yang itu haram apalagi. belajar tentang yakin pada satu tindakan itu cukup sulit, tapi jika mau belajar dan mengevaluasi diri, pastilah bisa.
dan sekarang, ketika aku mendapatkan sebuah masalah. ya aku ingat, ada seorang bijak yang mengatakan. tak apa jika gagal, dengan begitu.. kita belajar untuk lebih kuat dan lebih berani untuk menghadapinya nanti. jika kesalahan itu tak ingin terulang lagi, dan ingin berubah. benar-benar berubah.

satu hal yang membuatku senang adalah menulis. walaupun begitu, entah mengapa aku lebih senang menulis yang seperti ini, bukan staright news, feature apalagi. tapi menulis untuk belajar. apa lebih baik aku menjadi seorang novelis? kebetulan aku suka membaca novel. jika ada dua buku, novel yang tebal dan buku pelajaran yang tipis. aku pasti sudah khatam buku novel yang tebal.

well.. aku tak mengatakan itu buruk atau baik. tapi aku yakin, jika sesuatu condong pada sesuatu lainnya, maka itu namanya jodoh.. haha.. asik.. tapi ya mungkin, itu yang kusenang. dan mengapa tidak.

well.. tapi untuk saat ini aku tak ingin menulis sebuah novel. do you know why? ya, karena ada satu misi yang harus kuselesaikan. dan jika satu urusan itu selesai. maka aku akan menyelesaikan urusan menulis novel itu dengan sungguh sungguh.. prikitiew....

kembali pada topik menulis dan kemalasan tadi. ya.. ada banyak hal yang membuatku malas untuk melakukan apa-apa. parahnya, dengan jangka waktu yang tak tentu. bisa satu harian, dua harian. seminggu lima kali bahkan terjadi berbulan bulan. wah, ini bisa jadi berita gawat buat masa depanku. akankah penyelesakan nanti yang kunantikan? tak ada yan gmenginginkannya. ah.. lebih baik menyesal di awal. ya.. demi sebuah perjuangan, demi sebuah kecerdasan. harus ada yang dikorbankan. aku ya.. harus rela mengantuk-ngantuk sambil belajar, ya harus rela berhari-hari terus menulis. well, bukankah banyak orang sukses yang sudah mengorbankan banyak hal, hanya untuk kesuksesan dan kemenangan dalam dirinya.

aku tahu, usia mudaku hanya berjalan sekali. dan sekarang tiba-tiba, suddenly aku telah tiba di usia dua puluhan, masuk pula pada tahun dimana aku akan menginjak usia 21. bagaimana bisa? hhaha.. semuanya terjadi begitu saja.

ya, bagai putaran roda yang tak pernah rusak, waktu terus berjalan entah aku ada ataupun tidak. karena itu, aku pun harus tak peduli dengan semua kegaduhan yang mengganjal hatiku. untuk terus berusaha dan berjuang. jika waktu saja tak peduli dengan masalahku. mengapa aku harus berlarut-larut dalam kesedihan? yang nantinya toh ia akan hilang seiring waktu.

disaat muda, seperti ini .. aku bisa melakukan apa saja. berlari sekencang-kencangnya dengan jarak yang jauh. belajar selama waktu yang kubisa dan berusaha semaksimal mungkin yang aku mampu. namun, jika aku pun kalah dengan kemasalan, maka waktu akan mematikan semua mimpi. oh tidak, jangan sampai itu terjadi.

untuk itu, mulai saat ini aku akan menyesal duluan, menyesal untuk satu hal. meninggalkan kemalasanku dan meninggalkannya ditempat aku berada, pergi sejauh jauhnya dan mencari cara untuk melanjutkan usahaku, walaupun aku mengantuk, walaupun aku merasa lelah, walaupun fikiranku galau dan aku ingin berubah dengan cepat. ya.. mungkin dengan membuat impianku jadi nyata, seakan-akan aku sudah menjadi seorang duta muda, dan akupun harus memberikan tauladan bagi semua orang di sumatera ini ataupun foto luar negri, foto salju, apapun itu yang bisa membuatku lebih hidup, foto bromo, atau apapun yang membuatku berjuang lebih dan lebih lagi.

dan saat ini.. aku memang telah banyak melakukan kerugian. tapi aku tak perduli, karena apapun yang telah kulakukan adalah atas inisiatif diriku, jikapun kurasa salah, maka aku hanya harus lebih teliti lagi. 

aku ngin menulis karena aku senang. ya.. untuk mengisi waktu, jika aku terus menonton apa jadinya aku? walaupun kurasa aku sangat ingin menonton, just like now.. arghh.. well.. jangan beli TV berbayar. atau kau takkan pernah melakukan apa yang ingin kau selesaikan. ya, kecuali kau bisa mengatur waktu dan tak masalah dengan film keren yang ada disana.

well apa lagi ya.. ah.. seperti aku tak punya cerita saja untuk dituangkan.

hari ini tepat tanggal 6 januari 2014. subhanallah, tak terasa sudah 2014. bagaimana bisa?

sebenarnya aku ingin membuat sebuah planning untuk tahun ini. tapi rasanya aku telah dihantui rasa malas.

what?? well take it away from me!

get a paper and write a plan!

well guys.. i keep positive :D

No comments:

Post a Comment

Blogroll

 

Google+ Followers

Blogger news

About