Powered by Blogger.

Thursday, 5 December 2013

Melakukan sampai selesai


“Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain”. (QS. Al Insyirah: 7)


ayat Al-qur'an diatas adalah salah satu ayat favoritku. namun, untuk melakukannya tidak semudah mengucapkannya. ketika kita melakukan sesuatu, lakukan hingga selesai lalu baru kerjakan hal yang lain dengan sungguh-sungguh. hal tersebut adalah kunci sukses seorang muslim.

mendengar hal tersebut, aku melihat sebuah kertas yang ada tepat disebelah laptopku saat ini. sebuah gambar yang belum selesai pengerjaannya. namun, aku sudah menyelesaikan urusan yang lain. betapa amburadulnya jika difikirkan. belum selesai satu urusan sudah mengurusi urusan yang lain. bagaimana bisa sungguh-sungguh jika banyak pekerjaan yang tertunda?

sebenarnya, ada banyak contoh dalam kehidupanku yang tanpa disengaja aku tak melakukannya hingga selesai dan pindah ke urusan yang lain. contohnya saja, semalam, saat aku pergi ke kampus untuk menyelesaikan satu urusan, menyelesaikan proyeksi. aku malah pergi untuk menyelesaikan urusan yang lain, ingin mengurusi masalah online dan nonton.
jujur, dari setiap sisi kehidupan yang aku jalani, aku menikmatinya. jika waktu berbalik pun aku akan melakukan hal yang sama.namun, dari kejadian itu aku tersadar bahwa apa yang kulakukan saat ini adalah hal yang tidak boleh kudiamkan. dan saat ini adalah waktunya untuk mengurusi kepribadianku.

setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. kebanyakan karakter itu didapat dari kebiasaan. karena itu, sangat besar kemungkinan untuk merubah diri. bahkan dulu, orang quraisy saja yang berada dalam zaman kebodohan, menyembah patung bisa menjadi produktive dan cerdas setelah mengikuti Rasulullah SAW. yang perlu kulakukan adalah menyeimbangkan semuanya, kecerdasan spiritual, intelektual dan emotional. dengan Islam, semoga aku bisa menjadi seorang muslim yang cerdas, supel, dan juga berkepribadian kuat.

walaupun bukan berarti aku ingin menjadi orang yang keras. namun, memiliki prinsip dalam hidup memang sangat dibutuhkan dikehidupan sehari-hari.

Evaluasi Diri

Jika berbicara mengenai kertas yang saat ini ada diatas mejaku. aku flashback pada waktu semalam. dimana aku sangat bahagia,bin senang, bin cmungudh membeli perlengkapan mewarnai, maksudku melukis :D. aku membeli beberapa cat air, kuas, papan dan bahkan piring catnya.

tak ada satupun niatku untuk menjadi seorang pelukis, melainkan hanya ingin bangun pagi. as my blog name, aku adalah seorang pejuang subuh. mencari subuh setiap hari, melakukan evaluasi setiap hari. sebenarnya, ada waktu dimana aku hanya ingin berdua dengan Allah. menceritakan semuanya, you can say curhat, dan bangun saat orang lain tertidur lelap, become special for a minute.

tapi, menjadi yang seperti itu bukanlah hal mudah. mungkin satu kali aku bisa melakukannya. tapi jika ingin melakukannya setiap waktu mungkin butuh waktu dan proses. well.. kenapa tidak membuatnya menjadi lebih mudah?

ya, menjadi lebih mudah dengan melakukannya satu dua kali, lalu kebiasaan. dan ketika you fail, that doesnt means you are fail but because you just do it for once, twice, and you try again? Yup, okay, great Idea (talking myself guys)

ya.. kembali pada kertas tadi, aku tak selesai melukisnya. bukan karena apa-apa. namun, saat itu aku tak fokus pada satu pekerjaan. aku melakukannya sembari menonton! what the hell is that???

menyelesaikan dua urusan sekaligus, mungkin aku sosok yang multitalented. bisa melakukan dua hal sekaligus. namun, jikapun hal tersebut benar adanya. mana bisa kuselesaikan dengan baik satu hal jika tak benar-benar berniat untuk melakukan hal tersebut dengan baik hingga selesai. maksudku. bagiamana mungkin melakukan dua hal dalam waktu yang sama??? in the same time?

ya... dengan ini mungkin aku akan belajar, bahwa dilain waktu. dimana waktu itu belum terjadi dan aku memiliki pilihan untuk memutuskan perkaraku. aku bisa memilih dengan lebih baik dari yang kemarin. dengan melakukannya hingga selesai. 
pertama, aku niatkan dalam hati apa yang ingin aku lakukan
next, aku memulainya
then, aku akan terus melakukannya hingga aku selesai
finally, aku akan berhenti ketika aku sudah selesai
after that, Aku akan memikirkan urusan lain yang belum aku selesaikan.

itu dia.
kuharap, semua orang, terutama aku dapat melakukannya dengan baik, dan mengamalkan Ajaran Al-qur'anul Qarim. Thanks Allah... 

walaupun sebenarnya aku sangat ingin memilikinya dan mengamalkan ke ayat yang lain. hey, what are you doing! focus dengan ayat satu ini! baru kuasai ayat yang lain :/

yeah.. well... let's learn finish one thing till the end, and the next thing seriously
keep positive everyone!

No comments:

Post a Comment

Blogroll

 

Google+ Followers

Blogger news

About